Ngerasain Ujian Nasional Sistem Komputer


sumber: kompasiana.com (edited)

Beberapa minggu yang lalu gue abis selesai melaksanakan ujian nasional. Tepatnya tanggal 4-7 April 2016. Seperti yang mungkin kalian tau, bahwa siswa SMA/SMK yang melaksanan ujian nasional tahun ini tidak lagi menggunakan kertas sebagai media tesnya melainkan menggunakan komputer. Atau bahasa kerennya CBT (Computer Based Test). Menurut yang gue baca dari beberapa berita di tv/internet, penggantian kertas dengan komputer sebagai media tes ini dinilai pemerintah Indonesia sebagai langkah maju dari pendidikan di Indonesia.  Selain itu, dengan dipergunakannya media komputer ini, pengeluaran biaya untuk keperluan mencetak kertas soal, kertas jawaban dan kertas-kertas lain yang biasanya digunakan untuk ujian, dapat diperkecil. Sehingga biaya-biaya tersebut dapat dialokasikan untuk keperluan yang lain. Untuk ngasih makan pejabat misalnya hehehe.

Gak semua sekolah SMA/SMK di Jakarta pake komputer buat ujian nasionalnya kemaren. Ada juga beberapa sekolah yang masih pake kertas. Sepengetahuan gue sih, kalo yang masih pake kertas itu biasanya sekolah swasta. Mayoritas sekolah negeri yang udah pake komputer. Gak tau juga deh kalo di daerah lain. Mungkin ada bedanya.